Wednesday, April 3, 2013

Daun Kemangi Untuk Obat Kanker

Daun-daunan berikutnya yang akan saya bahas manfaat kandungan didalamnya adalah Daun kemangi. Bagi orang sunda, mungkin sudah tak asing lagi dengan daun kemangi, karena bagi orang sunda yang identik dengna lalapan dan sambal, pasti ada daun kemangi di setiap lalapan yang akan di santapnya. Nah, daun kemangi juga populer di area jawa. Karena daun kemangi cocok sebagai pendamping alalpan dan sambal untuk hidangan. Ternyata, banyak sekali kandungan manfaat yang ada dalam daun kemangi. Daun kemangi dipercaya oleh beberapa peniliti bisa berperan dalam mencegah penyaki kanker salah satunya Obat kanker payudara dan Obat kanker otak pada manusia dan bisa digunakan sebagai obat herbal.
Selain untuk keperluan kuliner, daun kemangi juga bermanfaat bagi kesehatan. Ia mengandung zat minyak atsiri, protein, kalsium, fosfor, besi, belerang, dan lain-lain. Beberapa macam kegunaannya:
1. Mengobati panu
Segenggam daun kemangi cuci, tumbuk halus. Beri sedikit air kapur sirih. Gosokkan ramuan ini pada kulit yang berpanu. Lakukan ini 2x sehari.
2. Mengobati diare dan muntah
Daun kemangi secukupnya dimakan sebagai lalapan.
3. Mengobati sariawan
50 helai daun kemangi dicuci bersih, kunyah sampai halus selama 2 – 3 menit. Telan. Minum air hangat. Lakukan ini 3x sehari.
4. Menghilangkan bau nafas / bau mulut
Sering-sering makan lalapan daun kemangi, daun kunir, dan daun beluntas.
5. Mengurangi bau keringat
Kemangi secukupnya dimakan sebagai lalapan santap malam selama 1 minggu.

No comments:

Post a Comment